Rencana Perubahan Lini Bisnis Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

PT Adhi Karya (Persero) Tbk atau yang lebih sering dikenal dengan Adhi merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dibidang konstruksi yang pertama kali melantai di bursa saham Indonesia. Saat ini lini bisnis utama dari Adhi adalah General Contractor di bidang konstruksi. Selain  itu Adhi juga memiliki beberapa anak perusahaan di antaranya adalah :
1.      PT Adhi Persada Gedung (APG)
APG merupakan anak perusahaan Adhi yang bergerak dibidang konstruksi gedung tinggi (high rise building)
2.      PT Adhi Persada Beton (APB)
APB merupakan anak perusahan Adhi yang bergerak di bidang beton pracetak (precast).
3.      PT Adhi Persada Properti (APP)
APP merupakan anak perusahaan Adhi yang bergerak di bidang property.


Gambar 1. Skema Perkembangan Bisnis Adhi.

Saat ini jajaran direksi Adhi sedang berpikir untuk merubah skema bisnis Adhi. Kedepan skema bisnis Adhi akan berubah menjadi properti dan bisnis kontraktor akan dijalankan oleh anak perusahaan.


Gambar 2. Konsep Properti Berbasis Transportasi Massal LRT

Analisis SWOT Skema Bisnis Lama Adhi – General Contractor

Strength :
  • Adhi merupakan perusahaan konstruksi yang terkenal di Indonesia.
  • Adhi telah memiliki produk-produk yang terkenal seperti Masjid Istiqlal, Stadion GBK, LRT Jabodebek dan lain sebagainya
  • Adhi memiliki banyak pengalaman dan telah memiliki tim yang solid
Weakness :
  • Persaingan usaha di bidang konstruksi antar BUMN sangat ketat.

Oportunity :
  • Pemerintah saat ini tengah gencar-gencarnya membangun infrastruktur fisik.
  • Proyek-proyek pemerintah saat ini lebih diprioritaskan untuk BUMN ketimbang untuk swasta

Threat :
  • Saat ini sedang banyak proyek pemerintah dengan skema pendanaan diawal oleh kontraktor (turnkey project) dengan kata lain skema ini memiliki resiko gagal bayar yang signifikan.
  •  Banyak proyek pemerintah saat ini yang gagal selesai tepat waktu dikerenakan permasalahan pembebasan lahan.


Analisis SWOT Skema Bisnis Baru – Properti

Strength :
  • Adhi merupakan perusahaan yang terkenal di Indonesia
  • Adhi merupakan kontraktor utama dalam pekerjaan LRT Jabodebek dan memiliki tanah yang strategis tepat di lokasi stasiun LRT.
  • Properti Adhi akan terintegrasi langsung dengan LRT.
Weakness :
  • ·        Adhi belum memiliki produk properti yang populer di Indonesia.
  • ·        Adhi merupakan pemain baru dan belum memiliki banyak pengalaman di bidang property

Oportunity :
  • ·    Adhi mendapatkan keuntungan karena mengembangkan wilayah tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk pembangunan infrastruktur transportasinya
  • ·        Adhi dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan yang telah lama berkecimpung di property

Threat :
  • ·        Persaingan di dunia properti saat ini sangat ketat.
  • ·        Saat ini sedang terjadi penurunan tren di bidang property
  • ·        Perusahaan pesaing telah lama berinvestasi tanah dengan kata lain asset perusahaan lain sangat besar jika dibandingkan dengan asset adhi.

Solusi

Adhi harus tetap menjadikan bisnis kontraktor sebagai lini bisnis utama sembari mengembangkan bisnis property sampai memiliki produk yang sukses dan dikenal oleh pasar. Jika saat ini adhi langsung merubah fokus bisnisnya menjadi bisnis property maka akan kalah bersaing dengan perusahaan yang telah dikenal dan memiliki produk yang diterima dipasar seperti Sinar Mas Land, APL, Lippo, Metland. Para kompetitor Adhi sudah memiliki asset-aset yang strategis sehingga Adhi akan mengalami kesulitan jika harus bersaing dengan pengembang swasta tersebut.

Komentar

  1. GOLD TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN.
    Gold TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN aftershokz trekz titanium TINN TINN titanium touring TINN columbia titanium pants TINN TINN TINN TINN TINN TINN 2014 ford fusion energi titanium TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN black titanium fallout 76 TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN TINN

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer